Kamis, 31 Desember 2009

PENGANTAR TENTANG WIDYASUNDA

clip_image002[1]SALAM JUMPA UNTUK PERTAMA : Perkenalkan nama Saya Ageung Permana berasal dari Bandung dan juga berdomisili di Bandung (Jawa Barat, Indonesia); Saya adalah pengelola blog WidyaSunda.blogspot.com ini. — Sebagai orang baru dalam dunia perblogan dengan sedikit hati-hati dan agak gamang Saya  mencoba untuk tampil apa adanya sesuai dengan karakter blog tertentu seperti ini.     
      Blog ini Saya namakan WidyaSunda, yang artinya kurang-lebih adalah “Pengetahuan tentang Sunda” — Widya dari bahasa Sansekerta berarti pengetahuan atau ilmu pengetahuan, sementara Sunda menunjuk kepada salahsatu subyek etnik di Nusantara (Indonesia dalam pengertian etnografis) yang secara etno-geografis menempati wilayah pulau Jawa bagian barat dan sekitarnya (di mana wilayahnya meliputi kawasan provinsi Jawa Barat, Banten, Jakarta dan sebagian wilayah Provinsi Jawa Tengah bagian barat). Isinya mengenai seluk-beluk tentang alam, budaya, sejarah, biografi dan geografi dari seputar Sunda beserta pernik-perniknya, ditambah beberapa s
elingan di sana-sini dengan artikel ringkas semacam tutorial singkat tentang seluk-beluk dunia blog secara umum (terutama berdasarkan atas pengalaman sendiri yang diperoleh sepanjang menjelajah dunia blog). — Bila kita senang dengan “logi-logian” mungkin WidyaSunda ini kurang-lebih homolog (atau mungkin analog) dengan Sundanologi dalam pengertian lain lagi (bukan Sundanologi suatu proyek kebudayaan dari badan/lembaga tertentu pada masa yang lalu). Karena berkaitan dengan Sunda jadi bila Anda ingin atau berkenan untuk mengetahui mengenai segala sesuatu tentang seluk-beluk Sunda dengan segala perniknya (baik tentang alam, sosial-budaya sejarah, biografi maupun geografinya) tiada salahnya dan juga tidak ada ruginya untuk mencoba membuka blog ini. Untuk itu dari sebelumnya selayaknya saya ucapkan banyak terimakasih terlebih dahulu atas kunjungannya. Dalam hal ini saya yakin bahwa suatu apapun dapat tumbuh dan berkembang oleh karena adanya dukungan dan partisipasi dari khalayak banyak.    
      Semula blog ini sepenuhnya ingin menggunakan bahasa daerah Saya yaitu bahasa Sunda (bahasa Lokal), namun atas berbagai pertimbangan tertentu (terutama demi kelancaran komunikasi secara lebih luas) kemudian Saya memutuskan untuk menggunakan bahasa Indonesia (bahasa Nasional Saya) sebagai bahasa pengantarnya. Walaupun demikian dengan rasa cinta dan suka terhadap Sunda secara terpisah Saya membuat versi khusus (
Widyasunda.blogspot-versi Sunda) yang dihidangkan dalam bahasa Sunda (hal ini dilakukan karena ternyata hingga saat ini belum ada alat penterjemah yang benar-benar memadai untuk menterjemahkan bahasa lokal ke bahasa Nasional dan bahasa Internasional lainnya). — Untuk penggunaan dalam berbagai bahasa asing secara Internasional, baik Inggris maupun lainnya secara mudah dapat menggunakan fasilitas alat penterjemah dari Google translator atau Google translate (Google terjemahan). 
      Perlu diketahui blog ini baru saja muncul pada awal tahun 2010 (walaupun penjajagan atau percobaanya sebetulnya sudah dirintis dari sejak menjelang akhir 2009). Walupun demikian (dengan berbagai kekurangnnya) mudah-mudahan saja blog yang sederhana ini dapat hidup dan berkembang sebagaimana mestinya. Lain dari pada itu semoga kehadirarannya di tengah riuhnya jutaan website dan webblog (yang jumlahnya sangat banyak) WidyaSunda dapat ikut serta menambah semaraknya jagat “blogmanialand” di seluruh penjuru dunia ini; di samping apapun bentuk karakter blognya moga-moga dapat memberikan hal yang baik atau hal yang positif bagi semuanya (Amin !).

—————————

CATATAN ; Tentang Sundanologi coba telusuri (di antaranya) pada situs di bawah ini : 
http://pustaka.unpad.ac.id
http://studisunda.blogspot.com
http://www.bandung.go.id/?fa=berita.detail&id=45
http://yulian.firdaus.or.id/2004/08/10/sundanologi/
http://www.pikiran-rakyat.com/prprint.php?
http://www.hamline.edu/apakabar/basisdata/1996/11/07/0024.html
www.sunda.org/SundaClippings/Word_Clippings/img612.doc
http://www.worldcat.org/wcidentities/lccn-n86-66221

 

Gambartutupbawah5_thumb6_thumb11

1 komentar: