Senin, 15 Februari 2010

SUNDA, sebagai subyek budaya yang dimiliki oleh orang Sunda

—————————————————————————————————————————

clip_image002SEBAGAIMANA kita ketahui budaya (culture) itu mencakup banyak unsur bagian atau aspek (di mana di dalamnya termasuk bahasa/budaya bahasa, seni, ilmu pengetahuan & teknologi, religi/agama & kepercayaan, sistem mata pencaharian, organisasi sosial, dsbnya. Dengan demikian manakala kita berbicara tentang budaya Sunda (culture of Sundanese, budaya yang dimiliki oleh orang Sunda) secara keseluruhan maka hal ini secara mendasar akan menyangkut unsur-unsur seperti di bawah ini :

1. Bahasa Sunda
2. Agama atau kepercayaan religius orang Sunda
3. Organisasi sosial (termasuk di dalamnya lembaga adat-istiadat dan sistem perikehidupan masyarakat) Sunda
4. Ilmu pengetahuan dan teknologi tradisional Sunda
5. Mata pencaharian orang Sunda
6. Seni Sunda, dan juga
7. Peralatan hidup tradisional Sunda

       Untuk mengetahui lebih lanjut tentang aspek-aspek budaya yang cukup luas dan kompleks ini, selajutnya dapat anda baca pada masing-masing artikel yang bersangkutan.

       Suatu hal yang perlu dicatat, pembicaraan tentang budaya Sunda ini secara menyeluruh tidak terlepas dari budaya Nusantara atau budaya Indonesia, di mana seperti kita ketahui di kawasan Indonesia/Nusantara ini ada  banyak sekali budaya daerah sesuai dengan banyaknya sukubangsa yang terdapat di dalamnya. Untuk sedikit mengenal tentang hal ini (selain tentang Sunda) selanjutnya dapat pada tentang etnik-etnik yang ada di Indonesia, di antaranya dapat anda simak sebagian kecilnya pada WidyaNusantara,blogsdpot,com.

———————————————

CATATAN BEBERAPA SITUS YANG BERKAITAN DENGAN BUDAYA SUNDA

1.

http://kalakayjasinga.blogspot.com

2.

http://erwin77.blogspot.com

—————————————————————————————————————————

 

clip_image002_thumb12

Tidak ada komentar:

Posting Komentar